Assalamu'alaikun wr. wb.

" Selamat tinggal , Nyontek ! "


 Mungkin hampir semua orang , terutama pelajar pernah melakukan perbuatan ini . yah, trend 'menyontek' memang sudah biasa terdengar . awalnya sih cuma iseng aja , tapi kelamaan bakalan ketagihan deh . kalo sudah gitu , bakalan susah tuh dirubah . susah bukan berarti ga bisa diubah lho , pasti bisa kok . hanya saja , butuh niat yang kuat tuk bisa berubah .

 Sebelumnya , kita lihat dulu apa sih definisi dari menyontek . menyontek itu merupakan suatu usaha yang biasanya dilakukan terutama oleh para pelajar SD , SMP , SMA , maupun mahasiswa untuk melihat buku catatan , buku panduan, ataupun menyalin pekerjaan teman yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi guna mendapatkan jawaban dari mata pelajaran yang diinginkan .

 Pekerjaan nyontek tuh buat kamu jadi seorang pemimpi dan tidak tahu terima kasih , baik pada diri sendiri , orang tua , guru , maupun masyarakat . apalah arti nilai tinggi kalo diraih dari perbuatan curang ? sekolah tujuannya tuk cari ilmu , bukan cari nilai . nilai bagus bakalan datang dengan sendirinya kok kalo kita nguasai apa yang dijelaskan guru .

 Kira-kira , apa sih penyebab seseorang melakukan tindakan menyontek ? beberapa penyebabnya :

  • gak percaya diri , mungkin karna gak siap atau kurangnya waktu belajar . bahkan ada juga tuh yang malas belajar .
  • ingin dapet nilai bagus . karena ingin dapet nilai bagus ini , jadinya si pencontek akan berusaha untuk menghalalkan segala cara .
  • terpengaruh melihat orang lain melakukan tindakan menyontek meskipun pada awalnya ga ada niat tuk melakukannya . faktor lingkungan seperti ini juga berperan lho .
  • adanya peluang karena penjagaan tidak ketat .
  • kurang suka dengan pelajaran dan menganggap pelajarannya itu ga penting . mungkin si pencontek merasa ada pelajaran lain yang lebih penting , sehingga dia berusaha mendapat nilai yang memuaskan dengan cara menyontek pada pelajaran yang dianggap tidak penting itu .
  • akan dapat hukuman dari orang tua jika nilai tidak memuaskan . ini salah satu faktor dari orang tua yang membuat anak jadi takut sehingga akan berusaha mendapat nilai memuaskan dengan cara menyontek .






 Kalo sudah ketagihan , sangat bahaya nih . harus secepatnya dirubah . ada beberapa solusi untuk merubahnya :
  • Niat yang kuat untuk tidak menyontek lagi . ingat , kebohongan kecil adalah awal dari kebohongan besar,berarti kejujuran kecil adalah awal kejujuran besar . pasti bisa kalo kamu berpikir kamu bisa .
  • Bangkitkan rasa percaya dirimu . yakinlah bahwa kamu dapat mengerjakan soal dengan baik .
  • Jauhi lingkungan negatif . biasanya sih orang yang nyontek bakalan cari tempat duduk di belakang . so , lebih baik kamu duduk di paling depan deh . karena lingkungan bisa mempengaruhimu .
 apakah masih mau menyontek ? tinggalkan saja deh perbuatan curang itu . menyontek bukanlah solusi untuk meraih kesuksesan . ingat , jika kamu melakukan sesuatu yang positif , maka alam akan meresponnya dengan positif . sebaliknya , jika kamu melakukan sesuatu yang negatif , maka alam pun akan meresponnya dengan negatif juga . so , bye bye nyontek ....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "" Selamat tinggal , Nyontek ! ""