zwani.com myspace graphic comments
Assalamu'alaikun wr. wb.

I HOME I I PROFILE I I FACEBOOK I I YPK Community I

I PHOTO I I UGM I I SMA YPK I

Olahraga Murah yang Menyehatkan

 
Berolahraga merupakan pilihan yang tepat jika ingin memiliki badan yang sehat. Ada banyak macam olahraga yang dapat membuat tubuh menjadi sehat, tetapi banyak orang yang memilih olahraga yang gampang dilakukan, menyehatkan dan tentu saja murah. Joging adalah pilihan yang tepat karena selain tidak mengeluarkan banyak dana, joging mudah dilakukan dan bermanfaat bagi kesehatan.
Joging yang dilakukan secara teratur tidak hanya memberikan manfaat yang bagus bagi kondisi fisik saja, tetapi dapat memberikan kesenangan secara fisik dan mental. Keuntungan yang didapat setelah melakukan joging diantaranya :
·         Membuat jantung menjadi kuat sehingga memperlancar peredaran darah dan pernafasan
·         Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan
·         Menetralkan depresi
·         Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan
·         Membantu memperbaiki selera makan
·         Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung
·         Membuat tidur lebih nyenyak
·         Muncul perasaan senang saat melakukannya
·         Tidak merasakan kelelahan yang berlebihan jika joging dilakukan dengan benar


Pakaian dan sepatu termasuk dua hal yang penting untuk diperhatikan agar joging yang kita lakukan terasa nyaman. Dalam memilih pakaian, kita harus sesuaikan dengan udara saat itu. Jika udara hangat, celana pendek dan kaos cukup nyaman untuk dikenakan. Namun, jika kita memilih rute yang jauh tak ada salahnya membawa pakaian ekstra di tas kecil, untuk berjaga-jaga jika udara memburuk. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus, hindari yang penuh jahitan, bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat.
Sedangkan untuk sepatu, pilih sepatu yang lembut dan nyaman, tetapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki tetapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah, sehingga tidak akan terpeleset.
Ada berbagai macam cara dan jarak yang dapat ditempuh dalam joging, diantaranya :
·         Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa
·         Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi
·         Joging dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 km.

Peregangan sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum dan sesudah joging. Peregangan tidak hanya dilakukan pada otot kaki anda saja, tetapi juga pada keseluruhan tubuh. Lakukan peregangan selama 2 menit sebelum melakukan joging dan 3-4 menit setelah melakukan joging.
Dalam memulai joging, sebaiknya dimulai dengan berlari dengan kecepatan yang pelan untuk beberapa ratus meter. Ini dilakukan untuk pemanasan otot. Kemudian perlahan-lahan tambahkan kecepatan dengan berlari lebih cepat sesuai kemampuan yang dimiliki setelah menempuh jarak setengah rute. Saat jarak tersisa ratusan meter terakhir, lambatkan gerakan lari.
Jika joging hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang biasa dilakukan, sebaiknya lakukan tiap dua hari sekali.  Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi serta daya tahan tubuh. Tapi jika ingin mengkombinasikan joging dengan olahraga lain, melakukan joging seminggu dua kali sudah cukup baik bagi kesehatan. Sebaiknya jangan melakukan joging setelah makan karena tubuh akan terasa sakit. Joging bisa dilakukan kapanpun sepanjang hari, tetapi alangkah baiknya melakukan joging sebagai kegiatan pertama di pagi hari.


Jika tidak terbiasa melakukan latihan fisik, sebelum memulai joging, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Apabila memiliki masalah kesehatan yang tidak disarankan untuk melakukan joging, sebaiknya berolahraga ringan dengan berlari-lari di tempat selama 10 menit sebagai permulaan. Setelah terbiasa, tambah waktu, jarak dan kecepatan.
Joging yang dilakukan secara rutin sangat dibutuhkan para olahragawan karena hampir semua olahraga membutuhkan fisik yang kuat, seperti olahraga sepak bola, futsal, basket, bulu tangkis dan tenis lapangan. Dalam olahraga, kendala yang sering dihadapi adalah fisik. Jika fisiknya tidak kuat, maka akan cepat lelah. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi permaslahan fisik adalah dengan melakukan joging. Kondisi prima akan selalu hadir dalam tubuh kita jika melakukan joging secara rutin dan dilaksanakan dengan benar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Olahraga Murah yang Menyehatkan"