Assalamu'alaikun wr. wb.

Kewajiban menjadi Kebutuhan ....

wajib dan butuh ??

gini deh , coba bayangin kejadian ini ,,, kalau kita mau ulangan ( hukumnya kan wajib tuh ), terus kita ingin ke belakang, maka yang bakal kita dahulukan pasti ke belakang , karna pada saat itu walopun ulangan itu penting banget dan hukumnya wajib, tapi buang air kecil adalah kebutuhan karena mendesak waktunya, dan ga bisa ditunda .

jadi, beda kan antara kewajiban dan kebutuhan ??

wajib itu berhubungan dengan hukum ; hukum berhubungan dengan benar dan salah ; hukum berhubungan dengan harus ; harus itu berhubungan dengan terpaksa ; dan terpaksa berhubungan dengan mau nggak mau harus dilakukan .

kalo butuh itu berhubungan dengan keperluan mendasar ; kebutuhan itu berhubungan dengan sesuatu yang kadang-kadang ga penting, tapi tanpa sesuatu itu hal hal lain ga dapat kita peroleh . sehingga kalo kita butuh , maka ga disuruh pun kita dengan senang hati melakukannya .

kewajiban menghasilkan tuntutan , sedangkan kebutuhan menghasilkan tuntunan . belajar yang menjadi kewajiban menutuo kemungkinan untuk melakukannya secara menyenangkan, karena kebanyakan didominasi oleh prosedur . sedangkan belajar yang menjadi kebutuhan memungkinkan melakukannya secara menyenangkan , seru dan heboh !!!

mengubah kewajiban menjadi kebutuhan sebenernya nggak sulit . modalnya cukup 3L
:: Lihat keuntungannya buat kamu
 
   setiap yang wajib tuh ga selamnya merugikan , ada juga kewajiban yang sebenarnya menguntungkan buat kamu . kewajiban nabung , awalnya memang terasa berat , tapi dalam jangka panjang , itu bakal nguntungin kamu deh .

:: Lihat akibatnya kalo ga dikerjain

   kewajiban tuh kan wajib dikerjain . biasanya ada akibat langsung maupun nggak langsung kalo ga dikerjain . misalnya , kewajiban beresin kamar tidur sendiri , pasti ada akibatnya kalo ga dikerjakan , misalnya ortu marahin kamu atau kamu ngeras tridur ga enak .

:: Lakukan dengan senang hati

   ini yang agak sulit . gimana caranya ngerjain kewajiban dengan senang hati . sebenarnya bisa aja sih .  kamu harus melihat keuntungan dari kewajiban dan akibat kalo ga dikerjakan . kalo udah ngerjain , seneng ga seneng kan musti dikerjain . ya mending milih ngerjain sambil seneng aja . melakukan sesuatu dengan menyenangkan akan memberikan hasil yang beda dibanding melakukan sesuatu dengan bete .

kalo udah bisa ngelakuin kewajiban dengan senang hati akan jadi enak . ga akan ada lagi perasaan terpaksa dalam melakukan segala sesuatu .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to "Kewajiban menjadi Kebutuhan ...."

  1. h4ns says:
    8 Maret 2010 17.49

    nice info,,keep post n smile friend :)
    comment back please :)

  2. ♥ria♥ says:
    10 Maret 2010 11.34

    aku setuju dengan lakukan dengan senang hati ^__^ biar semua terasa ringan