Assalamu'alaikun wr. wb.

About Catur

Catur adalah sejenis permainan berpapan, rekreasi dan berdayasaing yang dimainkan di antara dua pemain. Bentuk permainan terkini timbul di Eropah Selatan semasa separuh abad kedua pada abad yang ke-15 selepas ianya berubah daripada permainan asal lamanya di India yang sama. Sekarang, permainan catur merupakan permainan yang paling popular di dunia, dimainkan oleh jutaan manusia di seluruh dunia semada di rumah, di kelab-kelab catur, dalam talian, surat menyurat, dan di dalam pertandingan.

Catur dimainkan pada papan bersaiz 8x8 petak, memberikannya 64 petak yang silih berganti warna, terang dan gelap, dengan setiap pemain mempunyai petak terang pada dekat-lapan sudut apabila berdepan pada papan. Setiap pemain mulakan permainan dengan 16 catur di mana boleh gerak dalam hala kemas (dan dalam setengah misalan, jarak terhad) dan boleh mengeluarkan lain-lain kepingan dari papan: setiap kepingan pemain terdiri daripada lapan bidak, dua satria, dua gajah, dua tir, satu menteri dan satu raja. Semua kepingan boleh mengeluarkan kepingan pihak lawan dengan mendarat pada ruang yang mereka duduki.

Satu pemain mengawal kepingan putih dan pemain lain mengawal kepingan hitam; pemain yang mengawal putih selalunya pemain pertama untuk gerak. Dalam catur, apabila pemain raja adalah secara terus diancam dengan tangkapan oleh satu atau lebih dari kepingan pihak lawan, pemain ini dikatakan ke dalam check atau syahmat. Bila dalam syahmat, hanya gerakan yang boleh mengelakkan syahmat, sekat syahmat, atau mengambil kepingan pihak lawan adalah dibenarkan. Objek permainan ini adalah untuk syahmat pihak lawan; ini berlaku apabila pihak lawan raja adalah dalam check, dan tiada gerakan boleh dibuat yang bakal mengelakkannya.





 Papan Catur

Perhatikan bahwa di setiap sisi pemain, petak gelap harus selalu berada di kiri bawah...

Notasi Aljabar
 

 Untuk lebih mudah mempelajari dan merekam partai-partai catur, digunakanlah sistem notasi aljabar. Pada intinya, notasi aljabar adalah sistem untuk menamai setiap petak pada papan catur (seperti koordinat kartesian). Kolom-kolom pada papan catur mulai dari sebalah kiri pemain putih (sebelah kanan pemain hitam) diberi nama A,B,C...,G,H.. Sementara untuk baris dari sisi bawah pemain putih (atau sisi atas pemain hitam) diberi nama 1,2,3,...,7,8

Nah, setiap petak di papan catur sekarang punya nama sendiri. Dimulai dengan menyebutkan huruf kolom terlebih dahulu baru angka baris.. Sebagai contoh, pada gambar di atas, petak yang diberi warna merah berada pada kolom D dan baris 5. Jadi, petak tersebut diberi nama petak D5.

Sekedar tambahan, dalam permainan catur istilah baris biasa disebut rank dan kolom biasa disebut file.

Susunan buah catur
 

 Gambar di atas adalah susunan buah-buah catur di setiap awal pemainan. pion-pion (atau biasa juga disebut bidak) diletakkan di sepanjang Rank 2 (atau Rank 7 untuk pemain hitam). Perwira-perwira sepertin Benteng, Kuda, Gajah, Menteri, dan Raja diletakkan di Rank 1 (atau Rank ke-8 untuk pemain hitam).

Kedua Benteng diletakkan di File A dan File H. Kuda di File B dan File G. Gajah di File C dan File F. Menteri di File D dan Raja di File E.

Seringkali dalam memulai permainan, posisi Raja dan Menteri saling tertukar. Untuk lebih mudah mengingatnya, Raja Putih di petak hitam, Raja Hitam di petak putih

Nilai-Nilai Buah Catur
 
 Untuk menjadi pemain catur yang baik, seorang pemain harus terlebih dahulu mengenal kekuatan para pasukannya. Buah-buah catur memiliki nilai-nilai tersendiri sebagai perbandingan kekuatan. Nilai-nilai ini, biasanya ditentukan dari mobilitas buah catur itu sendiri.

Ingat, nilai-nilai ini relatif, tidak mutlak karena seberapa berharganya buah catr Anda tergantung pula pada posisi mereka setiap saat. Nilai-nilai ini hanyalah sebagai standar saja.

1. Pion
Pion memiliki nilai yang paling rendah yaitu 1. Hal ini dikarenakan mobilitasnya yang rendah (hanya dapat melangkah satu petak, atau dua petak saat masih di Rank awal). Meski nilainya rendah, bukan berarti pion itu tidak berharga.. Pion-pion sangat penting terutama untuk membentuk struktur pion yang baik (tidak dibahas di sini). Saking pentingnya pion, GM Mikhail Tal pernah berujar "Pawns are the soul of Chess"...

Selain itu, Pion-pion juga dapat promosi. Promosi berarti pion tersebut dapat "berubah" menjadi bidak lain (selain Raja). Hal ini bisa dilakukan ketika pion tersebut telah sampai di Rank 8 untuk pion putih, atau Rank 1 untuk pion hitam.. Oleh karena itu, pion sangatlah berharga di babak akhir.

2. Kuda dan Gajah
Kedua jenis bidak ini dihargai 3 poin. Banyak yang menganggap bahwa Gajah lebih berharga daripada Kuda. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak selalu tepat. Ada posisi-posisi tertentu di mana Gajah lebi baik dari pada kuda maupun sebaliknya. Tetapi untuk standar, Kuda dan Gajah sama-sama bernilai 3 poin.

3. Benteng
Benteng diberi nilai 5 poin. Benteng lebih kuat daripada Gajah mobilitasnya lebih tinggi. Gajah bila diletakkan di papan catur, hanya bisa berpindah-pindah ke 32 petak. Sementara, Benteng dapat berpindah-pindah ke seluruh 64 petak.

4. Menteri
Menteri, dengan mobilitasnya berupa gabungan Benteng dan Gajah, tidak diragukan lagi merupakan buah catur Non-Raja terkuat. Menteri setara dengan 9 poin.

5. Raja
Nilai dari Raja adalah tak terhingga. Raja adalah spesial karena dia adalah inti dari permainan ini. Dia adalah buah catur yang tak boleh lenyap dari papan catur

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "About Catur"