zwani.com myspace graphic comments
Assalamu'alaikun wr. wb.

I HOME I I PROFILE I I FACEBOOK I I YPK Community I

I PHOTO I I UGM I I SMA YPK I

Profil Tim Portugal


Pelatih: Carlos Queiroz
Konfederasi: UEFA

Ranking FIFA (Nov 09): 5
Rekor penampilan: 4 (1966, 1986, 2002, 2006)


LATAR BELAKANG

Piala Dunia 2010 akan menjadi Piala Dunia ke lima bagi Portugal. Namun dari empat perhelatan sebelumnya, tak ada pretasi signifikan ditorehkan Seleccao.

Di tahun 1966, Portugal meraih prestasi terbaik di Piala Dunia dengan menempati posisi juara ketiga di Inggris. Namun setelah itu, performa Portugal menurun drastis hingga akhirnya kembali ke Piala Dunia di tahun 1986. Tak ada prestasi mentereng di sini.

Di akhir 90-an dan awal 2000, Portugal mencapai titik prestasi terbaik mereka. Dengan materi pemain top seperti Luis Figo, Rui Costa, Fernando Couto dan Vitor Baia, Portugal tampil bagus, meski tak sampai mengukir gelar. Di Piala Eropa 96 dan 2000, Portugal hanya bisa tampil di perempat-final dan semi-final dan akhirnya ambil bagian di Piala Dunia 2002. Portugal absen di Piala Dunia 1998.

Sejak itu, Portugal terus tampil di ajang bergengsi walau pun dengan susah payah dan tanpa prestasi konkret.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Portugal tampil tak meyakinkan di babak kualifikasi, yang akhirnya memaksa mereka melakoni laga play-off untuk bisa meraih tiket ke Afrika Selatan. Menghadapi Bosnia dan tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo, Portugal bisa membalikkan prediksi dengan lolos meyakinkan.

KEKUATAN
Portugal termasuk salah satu tim yang memiliki pertahanan yang tangguh. Bruno Alves, Ricardo Carvalho dan Pepe bisa diandalkan untuk mengamankan zona di depan gawang. Di sektor tengah, Deco memegang kendali dengan bantuan Cristiano Ronaldo dan Simao.
KELEMAHAN
Lini depan Portugal terbilang mandul dalam urusan mencetak gol. Gol bahkan kerap datang dari pemain tengah dan belakang.
PELATIH
Carlos Queiroz memiliki kelebihan dalam hal pengalaman. Dia banyak menimba ilmu dari Alex ferguson di Manchester United dan Portugal beruntung memilikinya. Sebelumnya, Queiroz juga pernah menangani Real Madrid dan timnas Afrika Selatan.

Queiroz dikenal dengan gaya disiplin dan detail. Dia memainkan sepakbola dengan ciri khas Portugal, bermain dinamis dan efektif dengan sedikit gaya Brasil.
PEMAIN BINTANG

Cristiano Ronaldo (Real Madrid, Spanyol)
Tak perlu lagi memperkenalkan pemain yang sudah terkenal di penjuru dunia ini. Skill bermainnya di atas rata-rata dan memiliki kelebihan dalam drible dan tendangan kaki kanan.

Ricardo Carvalho (Chelsea, Inggris)
Pemain ini menawarkan soliditas di jantung pertahanan tim yang dibelanya, dalam hal ini Chelsea dan timnas Portugal. Sejauh ini, penampilan Carvalho tidak mengecewakan dan layak menjadi andalan di posisi poros halang.

Raul Meireles (Porto, Portugal)

Melakukan debutnya di tahun 2006, Meireles kini menjadi andalan Portugal di lini tengah. Dia memiliki karakter sebagai gelandang serang, tapi juga mampu beradaptasi dengan baik sebagai holding mildfielder. Kelebihannya ada pada akurasi umpan dan sepakan keras dari luar kotak penalti..

SUSUNAN TIM


MOMEN TERBAIK

Piala Dunia 1966 menjadi torehan spesial Portugal, di mana mereka mampu mengalahkan dua tim tangguh di era itu, Hongaria dan Brasil. Di akhir kompetisi, Portugal berhasil menjadi juara ketiga.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Eusebio, Cristano Ronaldo dan banyak pemain lain yang me-legenda yang bernilai puluhan juta euro. Kota-kota di Portugal juga banyak diwarnai bangunan tua yang eksotik dengan gaya gothic. Makanan khas Portugal juga cukup unik.

Yang mungkin mencuri perhatian: Bir Sagres akan banyak dijumpai di kalangan fans Portugal yang berasal dari semua golongan dan klub, hanya untuk mendukung timnya meraih sukses tertinggi di ajang Piala Dunia 2010, sebelum kembali adu otot di level klub.

TARGET DI PIALA DUNIA
Dengan bermaterikan pemain bertalenta dan berbakat, Portugal diharapkan bisa mengulangi kejayaan di tahun 1966, bahkan jika bisa melampauinya dengan menembus final.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Profil Tim Portugal"