Assalamu'alaikun wr. wb.

Profil Tim Italia


Pelatih: Marcello Lippi.


Konfederasi: UEFA
Ranking FIFA (Des 09): 4
Rekor Penampilan: 16 (Juara 1934, Juara 1938, 1950, 1954, 1962, 1966, final 1970, 1974, 1978, Juara 1982, 1986, tempat ketiga 1990, final 1994, 1998, 2002, juara 2006)
 
LATAR BELAKANG

Hampir semua orang mengenal Italia dan tak ada pengenalan khusus untuk tim ini. Setelah Brasil, Italia adalah tim yang paling banyak mereka gelar juara dunia, yakni empat kali. Jerman 2006 menjadi sukses terakhir mereka, meski pada saat itu Italia tak pernah menempati unggulan utama.

Setelah Euro 2008 dan Piala Konfederasi 2009 yang mengecewakan, fans Italia tak yakin pasukan Marcello Lippi bisa kembali mempertahankan gelar juara mereka. Sikap skeptis ini bisa menjadi senjata bagi Italia, atau bahkan menjadi bumerang.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Dua laga sebelum pertandingan terakhir, Italia sudah memastikan melenggang ke Afrika Selatan setelah bermain imbang melawan Irlandia. Tak ada yang menarik dan semuanya dijalani dengan enteng.

Timnas Italia juga tidak memainkan sepakbola yang mengagumkan di fase kualifikasi. Tak jarang juga keberuntungan memayungi Azzurri, termasuk saat melawan Siprus dan Georgia..


KEKUATAN
Marcello Lippi mengandalkan kesolidan di timnya, kekuatan kolektif skuadnya, tim. Dia tidak suka pemain individual. Karena itulah kohesi antarlini menjadi hal yang sangat penting di timnas Italia.

Italia juga memiliki pertahanan yang terkenal kuat. Saat ini posisi poros halang dihuni oleh trio Juventus, Fabio Cannavaro, Giorgio Chiellini dan Gigi Buffon sebagai tembok terakhir. Ketiganya sejauh ini masih bisa diandalkan.

KELEMAHAN
Lini serang Italia dinilai sejumlah pihak kualitasnya cukup buruk. Mereka tak punya pemain seperti Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic atau fernando Torres. Alberto Gilardino, Vincenzo Iaquinta dan Giuseppe Rossi memang bagus, tapi penampilan mereka kerap angin-anginan. Mungkin kembalinya Francesco Totti atau Antonio Cassano bisa membawa perubahan untuk tim.
PELATIH
Marcello Lippi adalah jaminan mutu. Pengalaman yang dimilikinya di berbagai level kompetisi sudah menjadi bukti tersendiri. Dia juga terkenal memiliki prinsip yang tegas dan rencana yang jelas untuk timnya. Meski kebijakan dan keputusannya tidak populis, hampir semua tugas dituntaskannya dengan memuaskan.
PEMAIN BINTANG

Gigi Buffon (Juventus)
Setelah beristirahat lama karena cedera, Buffon kembali menunjukkan performa terbaiknya dan menjadi kiper nomor satu di dunia lagi. Jika dia berada dalam kondisi 100 persen, dijamin gawangnya tidak akan kecolongan.

Giorgio Chiellini (Juventus)
Berdiri di bawah bayang-bayang Cannavaro tidak membuat talenta Chiellini tertutupi. Dia tetap tampil lugas dan menjadi salah satu pemain belakang terbaik Italia saat ini.

Andrea Pirlo (Milan)

Jika Pirlo bermain bagus, maka tim yang dibelanya juga akan bermain apik juga, dan aturan ini berlaku di Milan dan timnas Italia. Lippi juga memberinya tempat dan peran khusus di timnya untuk membebaskan Pirlo mengeluarkan kemampuan terbaiknya

SUSUNAN TIM


MOMEN TERBAIK

Tahun 1982 dan 2006, kala Italia menjadi juara dunia adalah momen yang tidak terlupakan. Bahkan di tahun 1982, Italia tampil begitu meyakinkan sebelum menyegel titel dengan mengalahkan tim kuat seperti Argentina, Brasil dan Jerman. Di Jerman 2006, Italia menunjukkan performa yang kurang lebih sama.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Mulai dari otomotif, fesyen, makanan hingga bangunan bersejarah dunia. Italia juga menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di dunia.

Jika Anda mendengar suara 'Popopoppopopopo' dengan melody 'Seven Nation Army', tak usah takut. Itu adalah momen di mana fans Italia akan melintas.

TARGET DI PIALA DUNIA

Juara dunia harus bisa kembali menjadi juara dunia, tak ada target lain dan memang target itu dijunjung tinggi skuad Italia. Tersingkir sebelum semi-final sudah pasti akan membuat banyak fans mereka kecewa berat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Profil Tim Italia"