zwani.com myspace graphic comments
Assalamu'alaikun wr. wb.

I HOME I I PROFILE I I FACEBOOK I I YPK Community I

I PHOTO I I UGM I I SMA YPK I

Profil Tim Argentina

 

Pelatih: Diego Armando Maradona
Konfederasi: Conmebol
Peringkat FIFA (Nov 09): 8
Rekor Penampilan: 14 (1930, 1934, 1958, 1962, 1966, 1974, 1978, 1982, 1986, 1990, 1994, 1998, 2002, 2006)


SEJARAH
Argentina adalah salah satu negara paling sukses dalam sepakbola. Tim Tango pernah dua kali menjuarai Piala Dunia, 1978 dan 1986. Argentina juga 14 kali menjuarai Copa America, rekor bersama Uruguay, serta gelar Piala Konfederasi 1992 dan Olimpiade 2004 dan 2008. Argentina dan Prancis menjadi tim yang pernah menyatukan tiga gelar paling penting dalam kalender FIFA: Piala Dunia, Piala Konfederasi, dan Olimpiade.


JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010
Sempat terseok-seok, termasuk kegagalan beruntun ketika menghadapi Paraguay dan Brasil serta kalah telak 6-1 di markas Bolivia, Argentina lolos ke Piala Dunia 2010 berkat kemenangan 1-0 atas tuan rumah Uruguay pada pertandingan terakhir kualifikasi. Mereka duduk di peringkat keempat klasemen zona Conmebol.


KEKUATAN
Argentina punya banyak bakat yang bisa mengubah hasil pertandingan. Pemain palin diandalkan adalah Juan Sebastian Veron dan Lionel Messi. Pemain lain yang perlu diperhatikan adalah Angel Di Maria dan Jonas Gutierrez, yang mampu menyerang dari sektor sayap. Harus diingat pula mentalitas juara yang dimiliki para pemain Argentina.


KELEMAHAN
Diego Maradona masih belum menemukan pola yang tepat untuk tim asuhannya. Kerap kali mereka menyerang tanpa arah. Di lini belakang, pertahanan mereka terlalu gampang ditembus. Mudah-mudahan saja keunggulan teknik para pemain bisa menutupi kelemahan tersebut.


PELATIH
Maradona lebih dikenal sebagai pemain hebat, bukan pelatih cemerlang. Ini seperti pedang bermata dua bagi Argentina, apalagi untuk bertarung di turnamen setingkat Piala Dunia. Maradona senang bermain dengan formasi 4-4-2, tapi tak jarang juga menggunakan 4-3-1-2.


PEMAIN BINTANG
Lionel Messi (FC Barcelona)

Pemain terbaik dunia saat ini. Gaya permainan Messi dan kemampuannya disebandingkan dengan Maradona, yang memang menganggapnya sebagai "sang penerus". Afrika Selatan '10 akan menjadi partisipasi kedua bagi Messi di Piala Dunia.
Javier Mascherano (Liverpool)

Mascherano dipilih Maradona sebagai kapten tim ini pernah meraih medali emas Olimpiade di Beijing 2008. Eks pemain Argentina, seperti Jorge Valdano dan Jorge Solari menganggapnya sebagai gelandang bertahan terbaik di dunia.
Juan Sebastian Veron (Estudiantes de La Plata)

Veron terkenal memiliki visi tajam dan umpan mematikan. Tak punya kecepatan, Veron menutupinya dengan pengalaman. Veron juga memiliki tendangan keras dan handal dalam situasi bola mati. La Brujita (Si Penyihir) adalah pemain terbaik Copa Libertadores 2009.


Best XI
MOMEN TERBAIK
Empat menit saja setelah mencetak gol Tangan Tuhan, Maradona membuat gol yang banyak dianggap sebagai gol terbaik sepanjang masa. Dari wilayah pertahanan sendiri, Maradona menggiring bola sejauh 60 meter dalam waktu sepuluh detik untuk melewati empat pemain Inggris dan kiper Peter Shilton sebelum menceploskan bola ke dalam gawang. Argentina pun berhasil menaklukkan Inggris 2-1 pada perempat-final Piala Dunia 1986 itu di stadion Azteca, Meksiko.

DI LUAR LAPANGAN
Terkenal dengan makanan khas Choripán, kombinasi roti dengan rempah-rempah khas setempat. Argentina juga terkenal dengan tarian Tango, jenis tarian yang dipengaruhi akar budaya dari Spanyol dan Afrika. Tango tumbuh subur di kawasan kumuh Buenos Aires.

TARGET PIALA DUNIA
Tentu saja, segenap masyarakat Argentina ingin tim lolos ke final Piala Dunia. Hanya penampilan lawan yang lebih tangguh dan nasib sial yang dapat menghalangi Argentina mewujudkannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Profil Tim Argentina"